Usb Flashdisk tak terbaca di Komputer

mengatasi flashdisk tak terdeteksi oleh windows

Mengatasi USB Flashdisk yang tak terbaca pada laptop dan komputer – Menanggapi salah satu komentar di blog yang menanyakan “USB Flashdisk yang tidak terbaca di Laptop”. Maka saya akan mencoba menjawabnya disini. Bagaimana mengatasi USB Flashdisk yang tidak terdeteksi oleh windows ?

Saya ingin membagi pengalaman saya ketika saya menggunakan laptop yang kebetulan sama merrk-nya dengan si penanya. Bedanya waktu itu, saya bermasalah ketika menggunakan modem. Ketika dicolokkan modem tidak bisa terdeteksi yang ada peringatan tanda seru. Bagaimana mengatasinya? USB Modem tidak terdeteksi? Akhirnya saya coba ke lubang yang lain. Ternyata ada satu lubang port yang berhasil. “HHOOOORRRREEEE!!! Bisa internetan deh!” Jadi, itukah caranya mengatasi USB Flashdisk yang tidak terdeteksi? Tidak. Itu belum menyelesasikan masalah. Karena dibeberapa kesempatan yang lain, masih sering menjumpai USB Flashdisk yang tidak terdeteksi pada laptop yang saya gunakan.

Seringkali memasukkan Flashdisk berkali-kali keluar masuk dan tetap tidak terbaca oleh Windows. Padahal ketika dimasukkan ke komputer atau  laptop lain tidak ada masalah seperti ini.

Akhirnya saya bertanya ke kakak saya. Dengan mengaku sedikit lupa-lupa ingat akhirnya berhasil juga. USB Flashdisk saya sekarang dapat terbaca dengan baik oleh Windows 7 pada laptop. Nah ini dia caranya “mengatasi Flasdisk yang tidak terdeteksi” :

  • Colokkan  Flashdisk ke port USB
  • Masuk ke Device Manager (coba ada tanda seru kuning gak?)

Klik kanan [my computer] à [properties] à [device manager]

  • Pilih USB Serial Bus Controller  (coba ada tanda seru kuning gak?)

(Jika ya semoga cara ini berhasil)

  • Pilih bagian yang bertanda seru tadi
  • Kemudian pilih menu Action
  • Pilih Uninstall
  • Tunggu sampai proses selesai
  • Kembali pilih Action
  • Pilih scan for hardware change
  • Sudah hampir selesai, tinggal ikuti saja
  • Selesai

Dan masalah Flashdisk tidak terdeteksi selesai. Tapi berdasarkan yang saya alami, dalam beberapa kesempatan masih harus mengulangi proses tersebut diatas. Karena masih sering mengalami masalah USB  modem saya kembali tidak terdeteksi pada laptop. Tapi setelah kira-kira 1 minggu sudah tidak perlu lagi. Karena sudah langsung terdeteksi pada laptop tanpa ada pesan dengan tanda seru kuning. Sekian cara mengatasi USB Flasdisk yang tidak terdeteksi oleh Windows, semoga bermanfaat pabila komputer atau laptop sobat mengalami hal tersebut diatas. Terimakasih sudah berkunjung.🙂

4 pemikiran pada “Usb Flashdisk tak terbaca di Komputer

  1. makasih ya saya pakai cara diatas berhasil, flashdisk saya bisa terdeteksi windows sekarang, tapi kalo flashdisk minta format terus itu kenapa ya?

bagi komennya doongs

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s