ISTILAH LINUX

Ini adalah beberapa istiah Linux yang saya search dari google beberapa waktu yang lalu. ISTILAH LINUX berikut tidak mencakup keseluruhan dari istilah linux, juga bukan berdasarkan istilah yang sering dipakai. Beberapa dari istilah berikut juga dikenal dalam OS Windows juga Android. berikut adalah istilah linux (dikit gapapa yak, heheheh…..)

A

Apache. Software webserver yang gratis dan open source. Paling banyak digunakan di server-server di seluruh dunia dibandingkan software webserver lain.

ASP. Salah satu bahasa pemrograman lain. Banyak tersedia hanya di server webhosting berbasis Windows. Lihat juga: PHP.

Aplikasi web. Program komputer yang dijalankan khusus di website.

B

Bootloader . Bootloader adalah Sebuah program kecil dalam komputer yang dipakai untuk mengenali operating system yang ada di dalam komputer. Ketika komputer dinyalakan yang terjadi adalah proses booting, salah satu sekuen yang terjadi adalah bootloader mengenali adanya operating system dan membawanya ke dalam memory. Tanpa adanya bootloader, operating system tidak dapat digunakan, karena didalam memory tidak ada sistem operasi. Semua operating system rata-rata disimpan di dalam harddisk. Bootloader di Linux yang paling umum adalah LILO atau GRUB. Windows memiliki NTLDR sebagai bootloadernya.

C

Colocation. Nama lain: penitipan server. Layanan di mana sebuah mesin/server milik klien ditaruh di data center milik penyedia hosting. Dapat terdiri dari layanan colocation yang managed dan non-managed. Managed adalah di mana penyedia hosting turut login ke dalam server dari waktu ke waktu untuk membantu mengurus/menjaga server, sementara ini tidak dilakukan pada layanan non-managed. Layanan managed lebih tinggi biayanya karena jasa yang ditawarkan lebih banyak, tapi lebih cocok bagi pengguna server yang awam/tidak memiliki keahlian teknis memaintain sebuah server. Lihat juga: Dedicated Hosting.

D

Data center. Istilah untuk fasilitas tempat (ruangan, bangunan) yang diperlengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti pendingin/AC, koneksi internet, rack-rack server, dan monitoring lainnya sehingga cocok untuk ditaruh server.

Dedicated Hosting. Sebuah server yang dipakai oleh 1 account (atau 1 website, 1 klien) saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga. Kerugiannya adalah harga yang lebih mahal. Terdiri dari Colocation (di mana mesin disediakan oleh klien sendiri dan ditaruh di data center penyedia hosting) dan Dedicated Server (di mana mesin disediakan oleh pihak penyedia hosting). Lihat juga: Shared Hosting.

Dedicated Server. Nama lain: penyewaan server. Layanan di mana sebuah mesin/server disewakan oleh penyedia hosting kepada klien. Dapat terdiri dari layanan dedicated server yang managed dan non-managed. Managed adalah di mana penyedia hosting turut login ke dalam server dari waktu ke waktu untuk membantu mengurus/menjaga server, sementara ini tidak dilakukan pada layanan non-managed. Layanan managed lebih tinggi biayanya karena jasa yang ditawarkan lebih banyak, tapi lebih cocok bagi pengguna server yang awam/tidak memiliki keahlian teknis memaintain sebuah server. Lihat juga: Dedicated Hosting.

Docroot. Lihat: document root.

Document root. Direktori/folder yang memuat lokasi teratas dari situs Anda. Contohnya, di server hosting MWN yang menggunakan control panel Spanel, document root sebuah situs adalah di /u/USER/sites/NAMASITE/www untuk http://NAMASITE/ atau /u/USER/sites/NAMASITE/ssl untuk https://NAMASITE/. Semua file yang muncul di website pasti ditaruhnya di document root atau di bawahnya (sebagai subdirektori/subfolder dari document root).

Domain. Lihat: Nama Domain.

E

Email list. Lih: milis.

F

FTP. File Transfer Protocol, salah satu protokol yang digunakan untuk mentransfer (mengupload atau mendownload) file ke/dari server. Anda menggunakan program FTP client seperti Filezilla untuk mentransfer file menggunakan protokol FTP.

G

Grub. Grub adalah suatu bootloader Linux yang paling sering dipakai saat ini

H

Hosting. Istilah untuk jasa penyewaan server Internet untuk keperluan website dan email. Pihak awam atau pemakai umum menyewa jasa hosting kepada penyedia hosting dan mendapatkan account hosting (sejumlah ruang disk, account email, akses shell/FTP, dll) dan dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website. Biasa disebut juga webhosting/web hosting, karena umumnya selalu berkaitan dengan website, walaupun bisa saja ada layanan hosting yang khusus email saja (email hosting), akses telnet/SSH/shell saja (shell hosting), dsb. Lihat juga: shared hosting, dedicated hosting.

L

Lemari server. Lihat: Rack server (rak server).

Linux. Sistem operasi berbasis Unix yang bersifat gratis dan open source, dikembangkan sejak awal tahun 1990-an. Banyak dipakai untuk menjadi server, termasuk server hosting.

M

Mailing list.

Lih: milis

Masterkey. Portal billing MWN. Alamat situs: http://masterkey.masterweb.net/ . Pelanggan login ke Masterkey untuk memesan hosting/domain, mengirim tiket support, melakukan perpanjangan/berhenti/dll. Lihat juga: tiket.

Milis. Sarana berkomunikasi lewat medium email. Lewat milis, seseorang dapat mengirim email ke semua anggota dan sebaliknya menerima posting email dari anggota lain.

Multiple domain. Menempatkan lebih dari satu domain di satu account hosting. Umumnya account hosting dipakai untuk satu website atau domain.

MWN. PT Master Web Network. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa webhosting diIndonesiasejak 2001. Pihak yang menyusun daftar istilah ini🙂

N

Nama domain. Sebuah nama yang terdiri dari kata yang dipisahkan dengan titik, contohnya: yahoo.com, example.com, m-w-n.co.id. Untuk website, email, dan keperluan komunikasi lain diperlukan nama domain. Dapat mewakili/menjadi identitas sebuah perusahaan atau perorangan. Biasanya sebuah nama domain harus disewa/didaftarkan dan harus diperpanjang per tahun, dengan kata lain tidak untuk dimiliki selamanya oleh salah satu pihak. Lihat juga: Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SLD).

P

PANDI. Pengelola Nama Domain InternetIndonesia. Organisasi yang mengurus pendaftaran domain .ID.

Penyedia hosting. Hosting provider, perusahaan penyedia jasa hosting. Contohnya: M W N adalah perusahaan penyedia hosting.

Perl. Salah satu bahasa pemrograman lain. Dulu amat popular sebelum PHP terkenal. Banyak tersedia di server webhosting berbasis Unix/Linux. Lihat juga: PHP.

PHP. Salah satu bahasa pemrograman untuk aplikasi web yang paling popular saat ini. Bersifat gratis dan open source. Tersedia banyak (ribuan, ratusan ribu) aplikasi web gratis dan komersial yang ditulis dalam bahasa PHP. Umumnya webhosting menyediakan fitur PHP.

R

Rack server. Lemari atau rak untuk menyimpan server. Bedanya dari lemari biasa, umumnya terbuat dari logam dan kaca, dan memiliki ukuran standar (dinyatakan dalam satuan U, mis: 19U, 22U, 45U, dsb) dan fasilitas lain seperti kipas, colokan listrik, dll agar cocok ditaruhi server.

Root . Root dalam linux adalah user dengan akses full. Bisa dikatakan user root dalam linux adalah user yang mempunyai akses tidak terbatas, bisa melakukan apa saja.

S

Second Level Domain (SLD). Akhiran kedua terakhir (top-level) dari sebuah nama domain. Biasanya nama domain negaralah yang memiliki second level. Contohnya di Indonesia, domain .id, dibagi-bagi lagi menjadi SLD berikut: ac.id (untuk universitas), .co.id (untuk perusahaan PT/CV), .or.id (untuk organisasi), .sch.id (untuk sekolah), dsb. Lihat juga: Top Level Domain (TLD).

Server. Istilah untuk komputer (atau sekumpulan komputer, atau mesin virtual) yang biasanya cukup powerful/berspek tinggi (mis: memori dan kapasitas disk besar) yang aktif selama 24 jam sehari dan dipakai untuk melayani kebutuhan tertentu. Contohnya adalah server hosting, yang dipakai untuk kebutuhan hosting.

Shared Hosting. Layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik hosting dedicated.

Situs. Situs web. Lihat Website.

Support Ticket. Lihat Tiket.

T

Tiket. Sistem technical support di mana pelanggan login ke sistem lalu memposting masalahnya (“membuka tiket”). Staf technical support akan menjawab masalah (tiket) tersebut. Pelanggan akan memperoleh notifikasi lewat email jika tiket direply. Tiket memiliki status terbuka dan tertutup. Tiket yang tertutup artinya sudah diselesaikan masalahnya. Dengan sistem tiket, masalah-masalah yang dialami pelanggan dapat dirunut atau dimonitor lebih mudah/jelas. Di MWN, sistem tiket yang digunakan bernama Masterkey, yang juga merupakan portal billing.

Tiket di sini tidak ada hubungannya dengan karcis pertunjukan atau karcis bis atau sejenisnya. Mungkin tiket di sini dapat dianalogikan seperti nomor antrian yang Anda dapat jika mengantri di bank. Tujuannya adalah pemberian nomor urut saja agar memungkinkan tracking yang lebih mudah.

Trouble Tiket. Lihat: Tiket.

Top Level Domain (TLD). Akhiran terakhir (top-level) dari sebuah nama domain, misalnya: .com, .net, .org, .id, dll. Contoh: pada domain example.com TLD-nya adalah .com. TLD dapat berupa perwakilan negara, mis: .id untukIndonesia, .my untukMalaysia, .jp untuk Jepang, dsb. Dapat juga bersifat generik, mis: .com/.net/.org/dsb. Lihat juga: Second Level Domain (SLD).

U

Unix. [Keluarga] sistem operasi yang telah ada sejak tahun 1970-an. Windows sendiri, saingan Unix, baru ada sejak tahun 1980-an. Lihat juga: Linux.

W

Web hosting. Lihat: Hosting.

Website. Sekumpulan halaman web yang memiliki alamat tertentu. Dapat berguna sebagai media informasi, komunikasi, interaksi, dll. Lihat juga: Website Dinamik, Website Statik.

Website dinamik. Website yang mengandung program atau skrip dan/atau database, sehingga dapat melakukan interaksi yang lebih ketimbang hanya halaman web yang statik saja. Lihat juga: Website Statik, Aplikasi Web.

Website statik. Website yang hanya terdiri dari file-file HTML (dan gambar), sehingga hanya bisa dibaca seperti brosur atau buku dan tidak bisa berinteraksi lebih dengan pengguna, misalnya menerima pendaftaran, mengirim email, dsb. Lihat juga: Website Dinamik, Aplikasi Web.

bagi komennya doongs

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s