pengertian dan contoh cloud computing

Pengertian dan Contoh Cloud Computing – Apa itu Cloud Computing? Tentunya belakangan ini kita sering mendengar istilah cloud computing. “Cloud” dalam istilah cloud computing adalah metafora untuk komputasi sumber daya (hardware dan software) yang digunakan oleh perusahaan dan pengguna dimana akses dilakukan tanpa perlu tahu persis letak hardware dan perangkat lunak secara fisik (Hugos dan Hulitzky 2011).

 

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan dan pusat remote server internet untuk memelihara data dan aplikasi. Cloud computing memungkinkan konsumen dan bisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa instalasi dan mengakses file pribadi mereka di setiap komputer dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan komputasi yang jauh lebih efisien dengan memusatkan, memori, pengolahan penyimpanan, dan bandwidth.

Semua konsumen hanya membutuhkan koneksi internet dan pengguna dapat langsung mulai mengirim email. Server dan perangkat lunak untuk mengelola email keseluruhannya berada di atas awan (internet) dan benar-benar dikelola oleh penyedia layanan awan.

Jadi dengan cloud computing kita hanya memerlukan sebuah komputer yang terkoneksi ke internet lalu mendapatkan layanan seperti pengolahan dokumen tanpa perlu menginstall software.

 

Contoh Cloud Computing

Lima contoh Cloud computing menurut technobuffalo.com

1. Email On The Go

Banyak perusahaan besar menyediakan web based email seperti Microsoft, Yahoo, dan tentu saja Google. Dengan web based email kita dapat mengakses email dimana saja selama ada koneksi internet tanpa harus memiliki software khusus untuk membuka email seperti microsoft outlook.

2. No Need Local Data Storage.

Masalah yang umum kita hadapi dengan menyimpan file pada komputer lokal di rumah adalah saat kita tidak dirumah dan kita membutuhkan file tersebut. Cloud computing menjawab solusi tersebut dengan menyimpan file MP3, video, foto, dan dokumen secara online sehingga kita bisa bebas mengaksesnya kapan saja.

Tugas ketinggalan dirumah? tinggal akses dropbox lalu download tugas tsb dikampus. Dosen pun dipermudah untuk sharing file dengan menggunakan dropbox. Contoh lainnya adalah Humyo, ZumoDrive, Microsoft’s SkyDrive, S3 dari Amazon.

3. Are you a collaborator?

Bingung caranya bikin tugas kelompok bareng-bareng? Google meluncurkan servis yang memungkinkan kelompok orang untuk bekerja pada dokumen yang sama, seperti ide atau proposal in real time atau disesuaikan kenyamanan masing-masing partisipan. Menggunakan Google Wave kita dapat membuat dokumen dan kemudian meng-invite orang lain untuk memberikan komentar, memperbaiki, memberikan opini, atau bergabung dalam membuat sebuah final draft. Menarik? silahkan coba nanti laporkan ke saya pengalamannya.

4. Working in a virtual office

Bekerja menggunakan software office tentunya sering kita lakukan, namun daripada memiliki sistem dan space untuk word processor, spreadsheet, dan presentation atau publishing platform dalam komputer kamu, kamu memiliki opsi untuk bekerja online. Accessibility, potential for collaboration dan juga online storage adalah beberapa benefit yang dapat memuaskan kebutuhan akan perangkat lunak untuk keperluan office dengan bekerja online.

Contoh online suite’s adalah Google’s online suite Ajax13, ThinkFree and Microsoft’sOffice Live

5. Need extra processing power?

Terkadang kita membutuhkan berbagai hardware untuk processing data, daripada membeli server, software, peralatan jaringan dan lain-lain, pengguna dapat membeli fully outsourced set of online services dengan cloud computing. Kebanyakan cloud seperti ini menawarkan kemampuan kostumisasi yang disesuaikan kebutuhan user. Contohnya adalah Amazon EC2 virtual computing environment. Contoh penyedia servis lainnya termasuk open source AbiCloud, Elastichosts dan NASA’s Nebula platform

Nah, sekian tentang Cloud computing, semoga bermanfaat. terima kasih sudah mampir di pengertian dan contoh cloud computing

dapet sumbernya dari sini (ivandiryana.com/)

bagi komennya doongs

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s