Arsip Tag: Perbedaan antara ETIKA dan HUKUM

etika#2 dan hubungannya

lanjut nih masih tentang mata kuliah etika profesi, kalo postingan sebelumnya tentang pengertian etika. Nah sekarang, mengenai hubungan etika,hhmm…  apa normal-normal ajah atau lagi galau.. (*walah ngaco :-) )… Ada tiga yang dibahas,,  Hubungan antara ETIKA dan ADAT-ISTIADAT, Hubungan antara ETIKA dan AGAMA, dan Hubungan antara ETIKA dan KEHIDUPAN KAMPUS,,,,  (waoooww,, player juga nih etika HaaH *walah ngaco lagih :-) )…

langsung aja deh..

1. Hubungan antara ETIKA dan ADAT-ISTIADAT
Adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya.
Adat istiadat dapat dimaksudkan dengan Etika perangai yang diartikan sebagai kebiasaan yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan bermasyarakat di daerah-daerah tertentu, pada waktu tertentu pula. Etika perangai tersebut diakui dan berlaku karena disepakati masyarakat berdasarkan hasil penilaian perilaku. (Sumaryono (1995))

2. Hubungan antara ETIKA dan AGAMA
Etika tidak dapat menggantikan agama. Agama merupakan hal yang tepat untuk memberikan orientasi moral. Pemeluk agama menemukan orientasi dasar kehidupan dalam agamanya. Akan tetapi agama itu memerlukan ketrampilan etika agar dapat memberikan orientasi, bukan sekadar indoktrinasi.
Etika mendasarkan diri pada argumentasi rasional semata-mata sedangkan agama pada wahyunya sendiri. Oleh karena itu ajaran agama hanya terbuka pada mereka yang mengakuinya sedangkan etika terbuka bagi setiap orang dari semua agama dan pandangan dunia.
( Etika Profesi, 2006).

3. Hubungan antara ETIKA dan KEHIDUPAN KAMPUS
Etika adalah aturan mengenai nilai dan prinsip moral yang merupakan pedoman bagi seseorang atau suatu kelompok dalam melaksanakan kegiatannya.
Kehidupan Kampus adalah kehidupan yang berkaitan dengan kegiatan yang dilaksanakan di dalam kampus.
Etika kehidupan kampus adalah nilai atau aturan yang berkaitan dengan integritas warga kampus dalam hubungan satu sama lain sebagai komunitas intelektual. (kalo yang ini ane lupa sumbernya, kata-katanya juga udah di obok-obok, toooeeeeeeeeeenngg..)

.

.

.

.

.

ada bonus tambahan…..  (yyeeeeeeeee….)

4. Perbedaan antara ETIKA dan HUKUM
• Etika berlaku untuk lingkungan profesi, hokum(ini otomatis yah, bukan kesalahan nulis) berlaku untuk umum.
• Etika disusun berdasarkan kesepakatan anggota profesi, hukum (kalo yang ini emang niat ngedit) disusun oleh badan pemerintahan.
• Sanksi terhadap pelanggaran etika berupa tuntunan, sedangkan pada hokum(ini juag otomatis yah, bukan kesalahan nulis) berupa tuntutan.

 

makasih udah mampir di halaman etika2 dan hubungannya atau bisa lewat alamat ini http://for7delapan.wordpress.com/2012/02/23/pengertian-etika-dan-etika-profesi/